Pusuk Sembalun

Pusuk sembalun berada diatas ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut. dari pusuk sembalun Anda dapat menikmati pemandangan desa sembalun dari ketinggian, tampak jelas terlihat desa sembalun diapit oleh perbukitan seperti berada di dalam sebuah benteng yang sangat kokoh. beberapa hal unik dapat dinikmati dari tempat yang lebarnya tidak lebih dari 200 meter persegi ini seperti cuaca dan kabut yang hampir setiap 1 jam selalu berubah. selain itu pusuk di Lombok biasanya identik dengan adanya kera atau monyet, terdapat beberapa spesies kera yang hidup di tempat ini diantaranya kera yang paling banyak diminati untuk dilihat adalah kera hitam ber-eokor panjang atau biasa disebut lutung. dan untuk Anda yang suka panjat memanjat, Anda dapat memanjat bukit pusuk yang berada di sisi kanan dan sisi kiri jalan, trek menuju ke bukit tersebut bisa dibilang lumayan ekstrim dan menguji adrenalin. semakin tinggi tempat yang Anda panjat semakin indah pemandangan yang Akan ditemukan.




Pusuk sembalun merupakan titik tertinggi di rute jalan raya menuju pusat Desa Sembalun. Awalnya, Pusuk Sembalun ini merupakan tempat singgahnya para wisatawan, melepas lelah setelah berjuang melawan jalanan yang menanjak dan menikung tajam. Tapi sekarang, Pusuk Sembalun ini berubah fungsi menjadi sebuah tempat nongkrongnya muda-mudi, organisasi/komunitas bahkan menjadi destinasi wisata keluarga.




Setiap hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur lainnya Pusuk Sembalun ini kerap macet dan sesak  oleh para pengunjung yang berdatangan mulai dari pagi sampai sore hari. Disini, pengunjung bisa menikmati view desa sembalun dari ketinggian, menaiki bukit-bukit hijau di sekitar, berfoto-foto, menikmati kopi, jagung dan bermain bersama monyet-monyet. Tersedia Gazebo/Berugaq yang memang sudah lama dibuat oleh warga untuk memanjakan pengunjung menikmati udara segar kaki Gunung Rinjani dan menikmati keindahan Desa Sembalun dari ketinggian. Semakin atas, segarnya udara semakin kita rasakan. Hutan lindung Lombok Timur memiliki luas 31.498,67 Ha atau 48,83 persen dari 64.508,67 Ha Luas Hutan Lombok Timur.


Kata orang-orang, apa yang kita dapatkan di Bali pasti bakal kita temuin di Lombok, tapi tidak sebaliknya. Begitu juga ketika kita di Lombok Timur. Apa yang sering kita temukan di kabupaten kota lainnya di NTB akan kita temukan di Lombok Timur, tapi tidak sebaliknya. Karena, salah satunya, Lombok Timur memiliki keindahan Pusuk Sembalun yang tak bisa tergantikan di tempat lainnya.






Sumber Foto : Koleksi Sendiri

1 komentar: